Semen menjadi material penting dalam sebuah bangunan. Penggunaan semen menjadi suatu hal sentral, untuk itu perlunya perhatian khusus pada pemilihan semen. Memilih semen yang bagus dipercaya akan menghasilkan bangunan yang bagus pula. Dalam pemilihan semen, ada beberapa merk semen yang paling sering digunakan di Indonesia.

Pemilihan merk-merk tersebut bukan tanpa alasan, melainkan dipercaya karena kualitas yang dimilikinya. Bagi yang sedang mencari referensi semen terbaik, berikut ini akan dihadirkan beberapa di antara merk dari semen yang populer digunakan di Indonesia.

Merk-merk Semen Populer di Indonesia

Sebelumnya telah disebutkan bahwa di sini akan dibahas seputar berbagai merk dari semen yang populer di Indonesia. Berbagai macam merk yang dibahas di sini dipercaya memiliki kualitas terbaik yang telah dibuktikan hasilnya. Berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Semen Holcim

Semen Holcim

Semen yang pertama umum digunakan adalah sermen Holcim. Ada berbagai macam alasan kenapa orang lebih memilih menggunakan semen ini. Salah satu kelebihan yang dimilikinya adalah Micro Filler Particle. Dimana Micro Filler Partcile ini adalah butiran-butiran halus dari mineral mikro yang nantinya dapat membuat rongga-rongga yang ada terisi sempurna.

Mengisi rongga-rongga yang ada dengan sempurna penting dilakukan. Hal ini untuk memberikan hasil permukaan yang tak hanya halus namun juga bangunan yang kuat. Di sisi lain produk Holcim juga menjadi produk semen ramah lingkungan yang terbukti dengan sertifikasi dari Green Label, Singapura.

2. Semen Tiga Roda

Semen Tiga Roda

Siapa yang tidak kenal semen Tiga Roda? Rasanya merk yang satu ini sudah hadir cukup lama di Indonesia. Bahkan semen yang satu ini masuk ke dalam golongan semen premium yang berisi para semen-semen senior di Indonesia.

Baca ini juga: Pemilihan Produk Semen Untuk Memulai Usaha Jual Semen

Semen Tiga Roda memiliki berbagai macam jenis semen. Selain portland cement, merk ini juga memproduksi semen putih yang tidak diproduksi oleh semua merk. Pengguna semen ini tidak perlu khawatir lagi masalah kualitas, pasalnya ia memiliki sertifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI) hingga European Standard (EU).

3. Semen Gresik

Semen Gresik

Semen Gresik menjadi salah satu semen lain yang banyak menguasai pasar Indonesia. Tentu kemampuan menguasai pasar Indonesia ini tak lepas dari kiprahnya yang telah lama bergelut di pasaran material semen Indonesia.

Kualitas dari semen ini tidak perlu diragukan lagi. Ia sudah hadir dalam pembangunan berbagai macam landmark serta monumen di Indonesia. Tak hanya itu, semen ini juga  hadir dengan sertifikasi ISO 14001 yang membuktikannya sebagai merk semen yang ramah lingkungan.

4. Semen Padang

Semen Padang

Merk lain dari semen yang cukup terkenal adalah semen Padang. Meski tidak sepopuler ketiga semen di atas, namun harus diakui semen yang satu ini menjadi pabrik semen yang paling tua di Indonesia.

Baca juga: Keistimewaan Vertical Blind Untuk Dekorasi Rumah Modern

Letak pabrik semen ini adlaah di daerah Indarung, Sumatera Barat. Dimana daerah tersebut terkenal sebagai salah satu penghasil bahan baku untuk semen yang paling baik di Indonesia. Hal ini kemudian membuat semen hasil dari pengolahan bahan baku tersebut memiliki kualitas yang terbaik.

5. Semen Merah Putih

Semen Merah Putih

Selain keempat semen di atas masih ada satu lagi semen yang banyak digunakan saat ini. Semen yang dimaksud adalah semen merah putih. Kehadiran semen yang satu ini menambah pilihan semen yang ada di pasaran saat ini.

Ada material pozzolanic yang hadir dari semen ini. Material tersebut dapat membantu untuk memberikan ketahanan yang lebih lama terhadap bangunan yang menggunakannya semen ini.

Kelima semen di atas adalah sedikit dari sekian banyak merk semen di Indonesia. Namun, harus diakui jika tidak semua sepopuler merk-merk di atas. Apalagi berbagai merk di atas sudah membuktikan kualitasnya dalam dunia material bangunan.