Sliding door atau pintu geser dewasa ini memang cukup menjadi primadona di kalangan masyarakat. Selain terkesan lebih modern, penggunaan pintu ini mampu memberikan kesan yang lebih luas pada ruangan. Pada mulanya, pintu geser ini mengikuti dari konsep interior Jepang yang mengutamakan untuk memaksimalkan ruang, karena konsepnya dianggap efektif, akhirnya pintu ini kemudian digunakan di wilayah lain di luar Jepang, termasuk Indonesia.

Pintu geser atau sliding door merupakan pintu yang digeser mengikuti jalur tertentu yang telah ditentukan yang sejajar dengan tembok. Pintu ini mampu menghadirkan kesan yang elegan bagi ruangan sehingga wajar saja walaupun harga sliding door cukup mahal, tapi tidak pernah kehilangan peminatnya di pasaran.

Sliding door menawarkan banyak kelebihan dan keuntungan. Namun walaupun seperti itu, sliding door tidak terhindar juga dari beberapa masalah.

Cara Ampuh Mencegah Masalah Muncul Pada Sliding Door

Source via: sgcka.com

Masalah Umum Pada Sliding Door

Segala sesuatu pasti memiliki masalah dan kendala tertentu, termasuk pintu geser. Berikut informasi tentang berbagai malasah yang kerap kali terjadi pada jenis pintu yang satu ini. Mari disimak baik-baik.

1. Merenggang dan seret

Masalah pertama pada sliding door adalah kita sering menemukan sliding door tidak tertutup seluruhnya dan kemudian menjadi seret atau sulit ditutup. Masalah ini tentu menimbulkan dampak yang cukup serius, apalagi jika masalah ini terjadi pada pintu pemisah antara dalam rumah dan lingkungan luar karena keamanannya akan terancam.

2. Susah untuk dibuka maupun ditutup

Sliding door yang sudah berusia cukup tua akan mengalami satu titik kondisi di mana pintu akan sulit dibuka maupun ditutup. Sebabnya beragam tergantung material pintu, misal saja pada sliding door aluminium menjadi sulit dibuka dan ditutup karena timbul karat di titik-tiktik penting kunci buka tutup pintu.

3. Berbunyi saat ditutup maupun dibuka

Masalah pintu sering berbunyi saat ditutup maupun dibuka juga termasuk masalah umum yang sering ditemui. Masalah ini biasanya berkaitan dengan frame pintu yang rusak. Anda harus membukanya pelan-pelan agar frame tidak cepat rusak.

Cegah Mencegah Masalah Sliding Door

Cegah Mencegah Masalah Sliding Door

Source via: liputan6.com

Walaupun masalah sliding door dapat diatasi dengan solusi tertentu, upaya pencegahan agar masalah tersebut tidak muncul justru menjadi pilihan yang tepat. Sliding door yang telah dipasang dengan harga sliding door yang tidak sedikit tentunya harus dirawat agar masalah dapat dicegah. Adapun upaya pencegahan masalah sliding door yang dapat dilakukan di antaranya:

1. Rutin bersihkan rel

Salah satu penyebab mengapa sliding door menjadi seret sehingga sulit dibuka maupun ditutup adalah adanya kotoran pada rel. Untuk melakukan pencegahan itu, Anda harus rutin membersihkan rel sliding door baik itu dari kerikil, debu maupun serangga. Cara membersihkannya cukup mudah, Anda hanya perlu mengangkat pintu sedikit ke atas kemudian bersihkan rel. Dalam membersihkan sliding door, Anda membutuhkan orang lain atau tukang yang ahli agar hasil pembersihannya maksimal.

2. Olesi minyak pada roda dan bantalan

Pintu menjadi seret juga disebabkan karena seringnya dibuka tutup sehingga roda dan bantalannya menjadi kering. Apalagi jika pintu tersebut merupakan sliding door aluminium yang sifatnya mudah kering. Untuk itu Anda dapat mengolesi minyak pada roda dan bantalan saat pintu mulai terasa seret.

Baca juga: Penyebab Umum Pintu Menjadi Macet

3. Gunakan lapisan karet

Frame pintu yang rusak dan menimbulkan bunyi pada pintu disebabkan karena membuka dan menutup terlalu keras. Untuk menghindari kerusakan tersebut, tentu saja Anda harus menutup dan membukanya dengan pelan serta menggunakan upaya pencegahan lain, yaitu menggunakan karet. Karet yang dilapiskan pada frame akan menghindarkan frame pada kerusakan sehingga pintu tidak akan lagi mengeluarkan bunyi.