Batu bata merupakan salah satu faktor terpenting dalam kontruksi bangunan. Bagaimana tidak, batu bata bisa menjadi  penentu dari seberapa kokohnya sebuah bangunan. Namun, bukan hanya sebagai bahan bangunan. Saat ini batu bata juga bisa menjadi bagian dari interior rumah atau gedung. Sehingga penggunaan batu bata sebagai cara mempercantik sebuah ruangan juga sudah menjadi hal yang lumrah.

Membandingan Harga dan Biaya Penggunaan Bata Merah dan Bata Hebel

Ada beberapa jenis batu bata yang beredar di pasaran saat ini. Sebut saja batu bata merah, jenis batu bata yang paling lawas dan paling dikenal masyarakat. Umumnya batu bata merah terbuat dari lempung tanah merah. Dari segi harga, harga bata merah bisa dibilang paling tinggi dari yang lainnya.

Selanjutnya ada batako. Batako dikenal juga sebagai bata beton atau bataton. Batako ada yang berwarna putih dan ada juga yang berwarna kelabu. Batako putih terbuat dari trass dan batu kapur. Sementara batako semen atau batako press terbuat dari pasir dan semen. Namun dari segi kekuatan, batako masih bisa dikatakan kalah oleh batu bata merah.

Batako

Selain dua batu bata yang umum dikenal di atas. Saat ini ada lagi jenis batu bata yang digemari dalam membuat bangunan. Yaitu bata ringan atau dikenal juga dengan nama bata hebel. Keunggulan bata hebel selain lebih ringan dan terlihat lebih rapi, juga penggunaan semen yang lebih hemat. Selain itu bata hebel juga kuat dan tahan air serta tersedia dalam berbagai ukuran sesuai kebutuhan.

Perbandingan Harga dan Biaya Bata Merah dan Bata Hebel

Lantas, dari keduanya, manakah yang penggunaannya lebih hemat dari segi biaya? Kita akan bandingkan terlebih dahulu dari harga dan biaya per meter kubik.

Mari kita lihat daftar harganya di Bulan April 2019 berikut ini.

harga batu batu

Sementara, berikut ini adalah harga bata ringan/hebel April 2019

harga bata ringan/hebel
Dari tabel di atas jelas terlihat bata merah lebih murah daripada harga hebel. Mungkin, jika dihitung secara satuan, hal itu benar adanya. Namun mari kita mulai menghitung anggaran biaya per meter kubik.

Dari segi ukuran, umumnya bata merah memiliki ukuran panjang 19cm – 24cm. Dan lebar 9cm – 12cm. Serta tebal = 5cm – 6cm. Sementara bata hebel memiliki ukuran panjang 60cm, lebar 20cm, serta tebal 7,5cm sampai 20cm.


Baca ini juga: Lampu LED Philips untuk Kilau Terang Ruangan Kantor


Maka untuk membuat bangunan seluas 1 m3, diperlukan sekitar 104,2 buah batu bata merah. Sementara itu, untuk penggunaan bata ringan hebel dengan ketebalan 7,5 cm memerlukan 8,33 buah bata. Dari sini, kita bisa menghitung perkiraan biayanya.

Saat ini harga bata merah adalah Rp. 600/buah. Sementara harga hebel 7,5cm adalah Rp. 10.000.

Jadi biaya yang kita butuhkan untuk membuat 1 m3 bangunan dengan bata merah adalah Rp. 600 x 105 = Rp. 62.520

Sementara biaya yang kita butuhkan untuk membuat 1 m3 bangunan dengan bata ringan adalah 8,33 x Rp. 7800 = Rp. 64.974

Perbandingan biaya di atas, memperlihatkan bahwa penggunaan bata merah membutuhkan biaya lebih murah per meter kubik bngunan. Namun, perbedaan biayanya tidaklah begitu signifikan. Apalagi, dalam membuat bangunan. Besarnya biaya juga berkaitan dengan banyaknya semen dan juga luas bangunan. Oleh karena itu, bata hebel yang ukurannya lebih besar dari ukuran batu bata merah ataupun batako, bisa menghemat biaya penggunaan semen. Maka dari segi biaya, hal ini juga bisa jadi keunggulan dalam menggunakan bata hebel.