Dengan segala kelebihan yanng dimiliki oleh lantai vinyl, maka tidaklah mengherankan jika saat ini lantai vinyl kian populer dan marak digunakan. Sebut saja corak dan motifnya yang beragam, tampilannya yang menarik, perawatannya yang mudah dan gampang dibersihkan. Hingga pemasangan dan pembongkaran yang praktis. Sederet hal itu membuat vinyl menjadi pilihan banyak orang. Bahkan saat ini pun tidaklah sulit mendapatkan lantai vinyl, karena kian maraknya toko yang jual lantai vinyl baik online maupun offline.

Namun demikian, walaupun vinyl tidak membutuhkan perawatan khusus dan gampang dibersihkan. Ada baiknya Anda tetap melakukan perawatan yang terbaik bagi lantai vinyl Anda. Tidak ada salahnya jika Anda mengetahui cara-cara membersihkan lantai vinyl berdasarkan jenis nodanya. Bahkan, tidak jarang ada juga yang menyewa jasa perawatan lantai vinyl, agar lantai vinyl dapat terjaga kondisi dan keindahannya untuk jangka waktu yang lama.

Maka sebelum Anda memutuskan pergi ke toko dan membelinya, ada baiknya Anda mengetahui beberapa kerusakan-kerusakan yang biasanya terjadi pada lantai vinyl berikut ini.

Goresan Pada Permukaan Lantai Vinyl

Walaupun ada jenis lantai vinyl yang anti gores, namun faktanya lantai vinyl pada umumnya termasuk yang rentan terhadap goresan. Berbeda dengan jenis lantai yang terbuat dari batu alami seperti marmer, keramik atau jenis bebatuan lainnya. Gesekan dengan benda tajam dan kasar, akan mudah sekali meninggalkan bekas gores di atas permukaan lantai vinyl.

Termasuk salah satunya jika Anda menggunakan permukaan sapu atau lap yang kasar, juga jika terjadi gesekan antara permukaan lantai dengan furnitur Anda. Tentu saja hal ini dapat menyebabkan tampilan lantai vinyl Anda kian lama kian buram dan tidak menarik lagi. Sehingga sebaiknya Anda tetap hati-hati jangan sampai permukaan lantai vinyl Anda yang licin jadi tergores. Anda tentu tidak mau, lantai favorit yang sudah susah-susah Anda dapatkan dari toko jual lantai vinyl, jadi cepat rusak dan tidak menarik lagi.

Noda yang Membekas

Ada beberapa jenis noda yang dapat dengan mudah berbekas di atas permukaan lantai vinyl. Apalagi jika noda tersebut mengandung bahan kimia atau asam. Noda akan semakin melekat dan susah dibersihkan apabila noda sudah melekat terlalu lama sebelum dibersihkan. Oleh karena itu, sebaiknya segera bersihkan noda pada saat noda mengenai permukaan lantai vinyl Anda. Apalagi jika terkena noda lemak, makanan atau noda darah. Karena semakin lama dibiarkan akan semakin sulit dibersihkan. Hal ini akan sangat disayangkan, apalagi jika harga lantai vinyl Anda cukup mahal.

Baca ini juga: Berbagai Merk Semen Ternama yang Banyak Digunakan di Indonesia

Lantai Menjadi Lapuk

Umumnya lantai vinyl tahan terhadap air atau anti air. Lantai vinyl juga tidak selicin lantai keramik saat terkena genangan air. Namun, apabila lantai vinyl Anda terus menerus terkena percikan air atau bahkan genangan air yang terlalu banyak dalam waktu yang lama. Hal itu dapat membuat lantai vinyl Anda memiliki potensi untuk menjadi lapuk. Untuk mencegahnya, segera keringkan setiap kali ada air yang tumpah, juga setelah Anda selesai mengepel lantai. Tentunya tidak tepat juga jika setelah membeli dari agen jual lantai vinyl, Anda menggunakan jenis lantai ini untuk di luar ruangan. Ada baiknya vinyl digunakan untuk ruangan indoor.

Warna Lantai Memudar

Ada alasan kuat kenapa sebaiknya Anda tidak menggunakan lantai vinyl untuk lantai outdoor. Selain lantai berpotensi mudah lapuk jika terkena hujan deras. Lantai vinyl juga akan lebih mudah mengalami kepudaran warna apabila sering terkena paparan sinar terik matahari secara langsung. Bahkan, untuk rumah dengan ruangan berlantai vinyl, ada baiknya juga memperhatikan benar-benar sirkulasi paparan sinar matahari yang mengenai permukaan lantai vinyl rumah Anda.