Karpet merupakan salah satu bagian desain interior atau eksterior yang sangat penting. Terutama untuk membuat sebuah ruangan jadi berkesan elegan dan mewah. Tapi kalau tak bisa merawatnya dengan benar karpet akan mudah kotor dan jadi sarang kuman dan penyakit. Lantas bagaimana caranya agar karpet bisa selalu bersih dan jauh dari noda?

Saat ini banyak jenis karpet yang di jual di pasaran dengan bahan yang sangat variatif seperti karpet tile, wol, hingga karpet plastik. Ukurannya dan harganya juga bermacam-macam sesuai dengan kebutuhan para konsumen saat hendak menggunakannya. Untungnya semahal dan semewah apapun karpet, cara membersihkannya tetap sama dan tidak perlu membutuhkan alat atau bahan khusus yang mahal.

6 Cara Terbaik Membersihkan Karpet

Enam cara membersihkan karpet dengan muda, cepat dan tepat ini bisa kamu terapkan pada karpet dirumahmu. Terutama yang berbahan wol, beludru, atau karpet tile murah yang banyak dijual dipasaran. Mengingat karpet termasuk perlengkapan yang sangat dibutuhkan, maka kebersihannya akan sangat mempengaruhi keindahan suatu ruangan.

1. Vacum Cleaner

Penggunaan penyedot debu atau vacuum cleaner memang yang paling mudah untuk membersihkan karpet. Kamu tinggal colokkan kabelnya, lalu arahkan vacuum dengan arah atas ke bawah. Lakukan berulang hingga karpet kesayanganmu dan semua karpet yang ada jadi bersih. Durasi pembersihan karpet dengan cara ini tergantung jenis dan lokasi karpet dipakai.

2. Sapu Lidi

Menyapu karpet dengan sapu berbahan lidi juga merupakan solusi terbaik membersihkan karpet, hal itu karena ujung lidi bisa mengeluarkan debu yang tersembunyi diantara bahan karpet. Kamu bisa menggunakan sapu ini setiap hari agar karpet selalu terlihat bersih dan bebas dari noda apapun.

Jangan lupa untuk memilih sapu lidi yang kuat, agar tidak mudah patah saat digunakan. Kamu bisa membeli di pasar terdekat dengan harga relatif murah.

3. Backing Soda

Untuk membersihkan karpet tile atau karpet berbahan tebal lainnya bisa juga menggunakan backing soda terutama pada bagian karpet yang terkena noda bandel. Cukup taburi bagian karpet tersebut dengan bubuknya, lalu diamkan hingga 30 menit dan bersihkan menggunakan sapu, dilanjutkan dengan kain lembab.

4. Garam

sama halnya dengan backing soda, garam juga bisa digunakan untuk membersihkan karpet tile murah yang banyak dijual dipasaran. Cukup  taburi karpet dengan garam, lalu sapu dan bersihkan, dijamin karpet kembali bersih dan terlihat seperti baru. Sebab garam tidak membuat warna karpet pudar tapi cenderung mempertahankan dan memperkuat warna yang sudah ada.

Baca juga: Atur Sinar Matahari Masuk Ruangan Dengan Desain Interior Yang Atraktif Berikut

5. Es Batu

Penggunaan es batu untuk membersihkan karpet juga terbilang mumpuni. Apalagi untuk bagian yang terkena noda coklat, permen karet, dan noda minyak. Karena es membuat noda tersebut cepat beku dan keras maka akan sangat mudah noda untuk dilepaskan. Jangan lupa bersihkan area karpet usai penggunaan es batu agar hasilnya lebih sempurna.

6. Larutan Cuka

Cuka juga sudah terbukti bisa menjadi solusi membersihkan karpet dengan mudah. Caranya dengan menuangkan cuka secukupnya pada bagian karpet dan semua jenis karpet dirumahmu yang kotor, lalu gosok menggunakan sikat lembut lalu bilas dengan sabun cuci hingga bersih.

Semua cara membersihkan karpet di atas sudah terbukti hasilnya. Kamu tak perlu keluar duit banyak bukan? Tinggal lakukan secara rutin agar karpetmu selalu enak dilihat dan nyaman untuk ditempati. Jangan lupa untuk menempatkan karpet di lokasi yang minim debu, agar kamu tak sulit untuk membersihkannya.