Satu hal yang dikhawatirkan pemilik kolam renang adalah adanya kebocoran. Membuat kolam renang selain membutuhkan area luas, biaya tidak sedikit juga perawatan yang rutin. Bila terjadi masalah dan ada bagian yang bocor maka bisa jadi Anda harus melakukan pembongkaran dan pemasangan ulang. Bayangkan banyaknya uang, waktu dan tenaga yang terbuang percuma. Oleh karena itu pembuatannya tidak bisa sembarangan dan harus menggunakan jasa kontraktor untuk hasil akhir yang baik.

Alasan Perlu Waterproofing Kolam Renang

Perlukah Kolam Renang Pakai Waterproofing?

Pembuatan kolam renang yang diserahkan kontraktor akan membuat rekomendasi desain, material dan berbagai hal lainnya. Salah satunya adalah memberikan lapisan waterproofing pada kolam renang dan menyewa jasa kontraktor waterproofing. Sebagai pencegahan untuk berbagai masalah jangka panjang, ada baiknya menyarankan penambahan tersebut. Walaupun ada juga pertimbangan lain yang menganggapnya tidak perlu. Bila masih ada kebimbangan, berikut beberapa alasan mengapa waterproofing sangat perlu diaplikasikan pada kolan renang.

1. Menahan Keretakan

Dengan memakai waterproofing maka kolam renang memiliki kemampuan menahan keretakan. Tergantung dengan besar kecilnya kolam renang, namun secara umum retakan sampai selebar 1mm dapat diatasi. Pastikan menggunakan jasa dan aplikator yang terpecaya untuk memberikan hasil yang maksimal. Retakan kecil tidak sebaiknya diabaikan namun segera ditangani bila terlihat ada retakan sebelum melapisi kolam renang.

2. Menahan Air Masuk pada Bagian Beton

Pelapis waterproofing yang handal dapat memberikan perlindungan pada bagian-bagian dari kolam renang. Sebelum ada dinding atau lantai pelapis ada bagian beton didalamnya. Bila air merembas ke dalam lapisan tersebut, maka bangunan kolam renang bisa rusak dari dalam. Setelah melapisi dengan waterproofing, lakukan pengujian dengan mengisi kolam renang selama 1×24 jam. Atau sebagai hasil maksimal, tunggu sampai 2 hari berturut-turut.

3. Menghindari Kebocoran Pada Area Sudut Kolam Renang

Ada saja bagian dari kolam renang yang rawan retakan. Terutama bila ada sambungan atau pengerjaan yang kurang rapih. Oleh karena itu sebelum digunakan  aplikator waterproofing di kolam renang, pastikan dahulu lapisan beton sudah pas dan tidak ada kebocoran. Dengan demikian kerusakan lebih parah bisa dihindari. Dengan aplikator maka area yang sulit dilapisi bisa dikerjakan dengan sempurna.

Baca juga: Ternyata Begini Proses Pembuatan Dak Beton

4. Menghindari Kebocoran Bagian Drainase

Faktanya, sebenarnya dinding sangat kecil kemungkinannya untuk retak tanpa sebab. Beda halnya dengan drainase yang memiliki titik pemuaian yang berbeda. Sudut-sudut di mana adanya bagian ini sangat berpotensi untuk rusak. Dengan waterproofing maka tiap sambungan beton atau area lainnya dapat ditangani dengan seksama. Untuk perlindungan dapat ditambahkan perekat pada punggung dan disisi beton keramik.

5. Perlindungan Pada Sinar Matahari

Waterproofing bisa diaplikasikan pada permukaan dinding dan lantai kolam renang. Untuk penggunaan luar ruang, pilih lapisan anti air yang memberikan proteksi dari sinar matahari. Karena saat terpapar cahaya matahari maka sinar UV dapat menyebabkan cat pudar atau munculnya retakan karena terlalu kering. Ada banyak jenis aplikator waterproofing dari berbagai merek. Jadi, browsing internet dan bertanya pada kontraktor untuk mendapatkan saran yang paling memuaskan.

Pembuatan kolam renang butuh waktu dan pemeriksaan dan evaluasi berkali-kali. Setelah penjabaran panjang lebar diatas maka ada berbagai alasan untuk menggunakan lapisan waterproofing pada kolam renang. Terlebih lagi dengan jasa kontraktor waterproofing maka hasil akhirnya tentu tidak mengecewakan. Mereka akan memberikan masukan yang sesuai sebab mereka adalah ahli dalam bidangnya.  Dengan demikian kolam renangmu akan aman untuk dipakai tanpa ragu.